Skema Operasional Bank Syariah




     a.       Penghimpunan Dana

Penghimpunan dana di Bank Syariah dapat berbentuk giro, tabungan dan deposito. Prinsip operasional syi'ariah yang diterapkan dalam penghimpunan dana masyarakat adalah prinsip Wadi'ah dan Mudharabah.

b.      Penyaluran dana

Dalam menyalurkan dananya pada nasabah, secara garis besar produk pembiayaan syariah terbagi ked lam empat kategori yang dibedakan berdasarkan tujuan penggunaannya, yaitu: 1) Pembiayaan dengan prinsip jual-beli, 2) Pembiayaan dengan prinsip sewa, 3) Pembiayaan dengan prinsip bagi hasil, 4)Pembiayaan dengan akad pelengkap
1)    Prinsip jual Beli (Ba'i)

Prinsip jual beli dilaksanakan sehubungan dengan adanya perpindahan kepemilikan barang atau benda (transfer of property). Tingkat keuntungan bank ditentukan di depan menjadi bagian harga atas barang yang dijual.

Transaksi jual-beli dapat dibedakan berdasarkan bentuk pembayarannya dan waktu penyerahan barangnya, yakni sebagai berikut:
a.       Pembiayaan murabahah
b.      Pembiayaan Salam
c.       Pembiayaan Istishna'

2)    Prinsip Sewa (jarah)

Transaksi ijarah dilandasi adanya perpindahan manfaat. Jadi pada dasarnya prinsip ijarah sama saja dengan prinsip jual beli, tapi perbedaannya terletak pada objek transaksinnya. Bila pada jual-beli objek transaksinya adalah barang pada ijarah objek transaksinya adalah jasa.

3)    Prinsip Bagi Hasil (Syirkah)

            Produk pembiayaan syariah yang didasarkan atas prinsip bagi hasil adalah sebagai           berikut:
a)     Pembiayaan musyarakah
b)    Pembiayaan Mudharabah


3) Produk Jasa Perbankan Lainnya

Wakalah akad yang digunakan dalam transfer dan letter of credit, akad kafalah sebagai bank garansi atau penjamin, akad sharf untuk transaksi valuta asing (transaksi spot), akad rahn untuk gadai, lalu ada akad hiwalah untuk anjak piutang. Bank syariah mendapat fee atau biaya adminitrasi atas produk jasa perbankan tersebut.


Sumber : https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/Konsep-Operasional-PBS.aspx

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kendala Pembiayaan Bagi Hasil

Akuntansi Ijarah